Home » » BATARA SRITEN “EMBUNG DI ATAS AWAN”

BATARA SRITEN “EMBUNG DI ATAS AWAN”

 Meresapi Pesona Tampungan Air Raksasa Tertinggi di Gunungkidul 



Jogjakarta seolah merupakan kota wisata yang tak pernah habis untuk KIta bicarakan. Berbagai tempat wisata unik, murah meriah, dengan panorama luar biasa indah yang bisa kita sambangi dan melekat dalam sanubari kita. Nah, sebentar lagi liburan panjang. Ke mana enaknya, ya? kita mengajak  semua meluncur ke tempat yang wah sekali: Embung Batara Sriten di Gunungkidul.
APA ISTIMEWANYA EMBUNG INI?
Embung bisa kita artikan sebagai tampungan air raksasa. Air hujan yang biasa langsung meresap cepat ke tanah karst atau berkapur di Gunungkidul akan ditampung ke sebuah waduk buatan sehingga waktu musim kemarau warga tercukupi kebutuhan airnya.
Embung Batara Sriten yang terletak di Padukuhan Sriten Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakart dengan koordinat GPS  S7°49’56″ E110°37’54″, berada di ketinggian 896 meter di atas permukaan air laut yang merupakan puncak tertinggi di Gunungkidul disebut Puncak Magir.
Bisa kita bayangkan jika embung raksasa ini seperti tampungan air raksasa di atas awan. Daerah yang akan diproyeksikan sebagai pusat kebun manggis dan kelengkeng ini mampu menghadirkan pesona pemandangan 360 derajat yang kita bisa menikmati persawahan, perbukitan, dan beberapa tempat seperti Klaten, Rawa Jombor, Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Sleman, Gunungkidul, Yogyakarta.

MENUJU EMBUNG RAKSASA BAGAIMANA?
Jiwa petualang kita akan teruji untuk mencapai Embung Batara Sriten. Jalur menuju lokasi yang berbukit bukit menuntut kita untuk mengecek terlebih dahulu kondisi motor atau mobil yang dikendarai menuju sana. Jangan lupa untuk berangkat lebih pagi agar menemui matahari terbit atau kalau ingin mencermati momen matahari tenggelam juga bisa kita atur jadwal keberangkatannya.
Rute yang bisa kita lalui untuk mencapai embung di antaranya sebagai berikut:
1. Jalur Watu Ondo
Mulai dari Desa Pilang Rejo, kita naik lewat saluran irigasi Kali Ngaseban. Setelah itu menyeberangi jembatan dan naik ke Watu Ondo. Jalur ini sering digunakan warga Sriten menuju pasar. Panjang rutenya sekira tiga kilometer.
2. Kali Ngaseban
Jalur ini jika kita pilih harus mendapat kawalan dari pemandu terampil karena harus menyusuri Kali Ngaseban yang berujung di Puncak Magir. Namun, tracking ini sangat mengasyikkan karena sensasi berjalan yang sepanjang jalan akan menemui panorama yang mantap.
3. Miring Ngidul
Hati hati untuk rute ini karena jalurnya menanjak. Tempuhlah lewat Desa Kaligede sampai Puncak Magir dan kita menemui embung Batara Sriten.
4. Trosari
Jalur ini adalah Desa Katongan – Trosari – Puncak Magir. \
Selain itu, Kita bisa memilih Jalur Mbolang, Gunung Gambar, dan Gedang Sari. Atau biar lebih mudah ketika kita pakai motor atau mobil ambil rute ini:
Jogja » Jl. Wonosari » Piyungan » Bukit Patuk atau Bukit Bintang » Pertigaan Sambipitu ke kiri menuju arah Nglipar » Perkebunan Hutan Kayu Putih » Pertigaan sebelum Pasar Nglipar ke kiri » Jalan Nglipar-Ngawen » Kedungpoh » Pertigaan timur Kantor Kepala Desa Pilangrejo tepatnya Jl. Nglipar-Ngawen Km. 6,5 ke kiri » ikuti jalan aspal dan cor blok sambil lihat penunjuk arah ke Embung Batara Sriten dan Perbukitan Baturagung (Puncak Tertinggi Gunungkidul).
TIP AMAN MENUJU EMBUNG BATARA SRITEN
Tips Aman Menuju Embung Batara Sriten :
1. Lebih dianjurkan memakai motor bebek yang bukan matic. Motor khusus pria lebih bagus karena tenaganya yang kuat untuk menanjak.
2. Cek kendaraan dalam kondisi tidak rewel agar perjalanan kita lancar.
3. Jika kita berboncengan, waktu menemui tanjakan dengan sudut yang nyaris tegak lurus hendaknya orang yang membonceng turun saja agar tidak melorot motornya.
4. Lihat kondisi cuaca, kalau hujan dan jalanan licin sebaiknya perlahan lahan memacu kendaraan dan lebih tajam penglihatannya.
Selamat meluncur ke Embung Tertinggi di Gunungkidul ini. Jangan lupa setelah mencapai di puncaknya foto foto selfie dan apload ke media sosial. Nah, setelah selesai berwisata di embung di atas awan ini, ada baiknya kita berwisata kuliner di Gunungkidul.

0 comments:

Translate

Search This Blog

gemblinkz. Powered by Blogger.